Tumbuhan Mbote (Talas) dan Kandungan Manfaat Di Dalamnya

https://3.bp.blogspot.com/-R7zh4a5bvaE/WfqISuzinFI/AAAAAAAAAsk/QAfVFp26yv8I1OQm4r86jJEvqZrtZdNCQCLcBGAs/s72-c/Tumbuhan%2BMbote%2BTalas.JPG click to zoom
Ditambahkan November 02, 2017
Kategori Artikel
Harga @ Tumbuhan mbote (talas) termasuk dalam jenis umbi - umbianyang tumbuh subur di Jawa, talas yang punya nama ilmiah ColocasiaEsculenta diyaki...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Tumbuhan Mbote (Talas) dan Kandungan Manfaat Di Dalamnya

@ Tumbuhan mbote (talas) termasuk dalam jenis umbi - umbianyang tumbuh subur di Jawa, talas yang punya nama ilmiah ColocasiaEsculenta diyakini sebagai tanaman asli dari Asia Tenggara dan India Selatan. Tanaman ini bisa tumbuh subur di sepanjang musim, jika dahulu talas diolah dengan cara direbus saja, kini sudah banyak olahan talas menjadi kue basah, kue kering hingga keripik mbote.

Mbote terlihat hampir sama seperti lobak dengan bentuk bulat dan kulit berserat, rata -rata setiap mbote memiliki bobot hingga dua kilogram. Ini memang jadi umbi pengganti nasi yang mengandung banyak senyawa organic, seperti karbohidrat, magnesium, kalium hingga vitamin kompleks, maka tidak mengherankan jika talas banyak ditanam sebagai selingan di pinggiran tanaman padi.



Kandungan manfaat tumbuhan mbote (talas) bagi kesehatan

Masyarakat pedesaan mengkonsumsi talas sebagai makanan pengganti nasi, dimana dalam 100 gram konsumsi mbote mengandung 112 kalori. Memiliki kandungan lebih bagus dari nasi, dimana rendah lemak dan terdapat kandungan protein seperti dalam sereal dan kacang kacangan. Berikut ini ada beberapa kandungan manfaat tumbuhan mbote (talas) bagi kesehatan dan cocok dikonsumsi harian :

Melancarkan sistem pencernaan


Tubuh membutuhkan kandungan serat sebanyak 40 gram setiap harinya, anda akan sudah mendapatkan 10 persennya dengan mengkonsumsi 100 gram umbi talas tanpa tambahan buah dan sayur. Bahkan ditambah dengan kandungan karbohidrat kompleks, ini sangat membantu bagi anda yang mengalami masalah susah buang air besar.

Antioksidan alami

Sumber antioksidan banyak anda jumpai dalam buah dan sayur, namun mbote juga memiliki kandungan antioksidan alami. Terdapat vitamin A hingga C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh, ini akan menghalau radikal bebas sehingga tidak akan mengaktifkan sel kanker dalam tubuh. Bahkan ada penelitian yang menambahkan jika talas juga bisa menurunkan kemungkinan terserah kanker mulut dan kanker paru - paru.

Mencegah penuaan

Memasuki usia 40 tahun, pasti akan muncul keriput di kulit, paling mudah terlihat di bagian wajah. Mbote dapat membantu membuat radikal bebas dan membantu sistem regenerasi sel kulit, sehingga keawetan sel tetap terjaga. Ini akan membuat kulit tetap kencang dan menunda penuaan, konsumsi saja mbote sebagai camilan sehat, bahkan sekarang dijual dalam kemasan kripik talas berbagai varian rasa.

Mencegah peningkatan gula darah

Penderita diabetes memang tidak dianjurkan mengkonsumsi nasi karena memiliki kandungan gula cukup tinggi, talas bisa jadi alternatif pengganti nasi. Dimana konsumsi harian bisa membantu pelepasan dan pembentukan insulin dalam tubuh, in akan mencegah peningkatan tekanan gula darah secara mendadak.

Sebaiknya anda baca juga :
- Proses Pembuatan Keripik Talas
- Anek Olahan Talas untuk Lebaran

Untuk mendapatkan semua manfaat tumbuhan mbote (talas) sebaiknya dilakukan pengolahan dengan baik, lakukan perendaman semalam untuk mengurangi jumlah kandungan oksalat. Ini juga bisa membantu pengolahan keripik mbote talas, perendaman membuat tekstur lebih empuk namun tidak akan hancur ketika dilakukan pemotongan.