Kripik Mbote (Talas) Renyah dan Tidak Gatal

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzbZwhYhL1jq2Uzp813ac7zQQHLqMBa0h-eSqWUzfSMqr0oyom7gKBUCLUUZliaraBTM-yz8JkUzbczYthuTAYJ8_rWgxV0L8hbJXREGQ90EFKz8wev_YZgvsQyby2J2WQCcVyquYA1Z_K/s72-c/Keripik+Mbote+100+gr.jpeg click to zoom
Ditambahkan November 03, 2017
Kategori Artikel
Harga @ Kripik mbote (talas) kini menjadi makanan ringan sehari hari, dimana pengolahan keripik mempunyai nilai jual lebih tinggi dan juga bisa ta...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Kripik Mbote (Talas) Renyah dan Tidak Gatal

@ Kripik mbote (talas) kini menjadi makanan ringan sehari hari, dimana pengolahan keripik mempunyai nilai jual lebih tinggi dan juga bisa tahan lama sehingga cocok untuk diproduksi dalam jumlah besar. Jangan salah, kripik berbahan dasar mbote ini tidak hanya ditemukan di warung kecil saja namun sudah banyak di pusat jajanan oleh - oleh, karena memang mbote mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, salah satunya bisa memperlancar sistem pencernaan, ini akan jadi obat alami bagi anda yang mengalami susah buang air besar.

Kripik Mbote (Talas) Renyah dan Tidak Gatal

Tips cara membuat kripik mbote (talas) renyah dan tidak gatal

Cara membuat kripik mbote (talas) hampir sama seperti pembuatan kripik singkong, namun bagi yang belum berpengalaman bahkan pertama kali membuatnya, hasilnya kripik akan terasa gatal di lidah seperti mengkonsumsi nanas dalam jumlah banyak yang tidak direndam garam terlebih dahulu. Hal ini bukan karena tidak bersih saat melakukan pengolahan, namun terdapat zat kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal. Jangan berputus asa terlebih dahulu, apalagi jika anda baru saja panen dalam jumlah banyak, karena ada beberapa solusi untuk menghilangkan efek gatal tersebut :

Dijemur

Cara paling mudah dan tidak membutuhkan biaya, menghilangkan kandungan zat kalsium oksalat pada cukupdengan jemur di bawah sinar matahari langsung. Caranya kupas mbote dan iris tipis - tipis, kemudian jemur kurang lebih setengah hari (sekitar 5 jam) di sinar matahari teriknamun cara ini menimbulkan warna biru dan harus melakukan pengirisan cukup tipis, apalagi jika terkendala cuaca mendung.

Rendam dalam larutan garam


Ada cara yang lebih mudah dan cepat yaitu rendam dalam larutan garam, NaCl (garam) akan mengikat kalsium oksalat. Caranya kupas mbote terlebih dahulu dan cuci bersih, larutkangaram wadah dengan air secukupnya. Kemudian rendam tanpa harus di iris tipis terlebih dahulu sekitar 30 menit, sebelum di iris tipis cuci kembali agar rasa asin tidak terlalu terasa setelah perendaman. Anda bisa membuat keripik dalam waktu singkat saja dan dalam jumlah banyak sekaligus.

Memilih mbote yang sudah tua


Tidak semua mbote jika diolah akan memberikan efek gatal ketika di konsumsi, anda harus bisa memilih dengan tepat.Umbi yang bagus di panen tidak terlalu tua namun juga tidak terlalu muda, ini terlihat dari tampilan luar. Mbote yang tua akan terasa lebih keras dan berat, sedangkan yang terlalu muda permukaan sedikit empuk dan ukurannya kecil. Umbi yang sudah tua tidak akan gatal jika dikonsumsi setelah di rebus saja tanpa menambahkan garam.

Untuk menghasilkan kripik mbote (talas) bertekstur bagus dan tidak menimbulkan rasa gatal, sebaiknya lakukan beberapa cara di atas. Apalagi jika anda membuatnya pertama kali, lebih baik lakukan langkah pencegahan agar hasilnya tidak gatal saat dikonsumsi, terlebih jika dikonsumsi langsung dengan cara di rebus ataupun dibuat keripik.