Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal Saat Dikonsumsi

https://3.bp.blogspot.com/-CVP3bTrIm6w/Wf_DNM7y65I/AAAAAAAAAuo/xIrNeKPKQO4ZmshNhkIAncAyr7xlG0QYwCLcBGAs/s72-c/Cara%2Bmembuat%2Bkeripik%2Btalas%2Bagar%2Btidak%2Bgatal.JPG click to zoom
Ditambahkan November 06, 2017
Kategori Artikel
Harga @ Keripik talas atau mbote terkenal sebagai camilan keluarga yang banyak diminati. Meski demikian, tak sedikit orang yang merasakan gatal sa...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal Saat Dikonsumsi

@ Keripik talas atau mbote terkenal sebagai camilan keluarga yang banyak diminati. Meski demikian, tak sedikit orang yang merasakan gatal saat memakan camilan keluarga yang satu ini. Rasa gatal yang muncul biasanya diakibatkan karena pengolahan keripik mbote yang salah. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang Cara membuat keripik talas agar tidak gatal saat dimakan.

Trik dan Cara Membuat Keripik Talas agar Tidak Gatal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengolah keripik talas agar tidak memunculkan sensasi gatal saat dikonsumsi. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Menjemur Talas
Menjemur mbote atau talas mungkin menjadi cara paling mudah untuk menghilangkan rasa gatal pada talas. Hal ini karena panas dari sinar matahari sangat efektif untuk menghilangkan kandungan kalsium oksalat yang ada pada talas. Selain mudah, cara ini pun terbilang murah karena tak mengeluarkan biaya. Waktu yang dibutuhkan dalam menjemur talas adalah sekitar 2 jam saat matahari sedang bersinar terang.

Merendam Talas pada Air Garam
Cara kedua yang dapat dilakukan adalah merendam talas dalam larutan air garam. Rendaman air garam juga dapat menghilangkan kalsium oksalat yang menjadi penyebab gatal pada talas. Cara melakukannya, kupas kulit talas hingga bersih. Setelah itu, rendamlah talas pada larutan air garam selama 30 menit hingga 1 jam lamanya. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air hangat. Setelah itu, cuci talas hingga bersih untuk menghilangkan sisa kalsium oksalat yang masih menempel.

Memilih Talas yang Tepat
Cara selanjutnya adalah memilih talas yang tepat. Bagaimana caranya? Cukup dengan memilih talas yang tak terlalu tua bahkan yang sudah keluar umbinya. Selain banyak mengandung kalsium oksalat, talas yang terlalu tua juga kurang enak dan gurih apabila dikonsumsi. Sebaliknya, talas atau mbote yang masih terlalu muda juga tidak direkomendasikan karena memiliki banyak getah yang menjadi potensi munculnya rasa gatal.

Langkah Pembuatan Keripik Talas
Setelah mengetahui cara memilih talas serta menghilangkan rasa gatal pada talas, kini saatnya membuat keripik talas yang gurih dan enak. Caranya, siapkan bahan-bahan seperti bawang putih, garam, kunyit, dan talas yang telah diiris tipis-tipis. Untuk membuat bumbunya sebagai perasa gurih, haluskan bawang putih dan campurkan dengan air hangat dan garam. Setelah itu, campurkan talas atau mbote pada larutan air garam serta bawang putih. Biarkan selama 3 jam untuk menghasilkan rasa gurih pada talas. Selanjutnya, haluskan kunyit dan campurkan dengan air rendaman talas. Biarkan hingga semua talas berwarna kekuningan. Tiriskan talas dan goreng hingga berwarna kecoklatan.

Itulah Cara membuat keripik talas agar tidak gatal yang harus dicoba. Dengan melakukan cara di atas, maka anda dapat menikmati talas dengan nikmat. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan rasa lain dari keripik talas, anda dapat menggunakan bubuk perasa seperti keju, balado, pedas, manis, dan sebagainya. Selamat mencoba.